PSHT dan POLITIK PRAKTIS

Diposting oleh PERSAUDARAAN SETIA HATI T ERATE | 20.13 | 3 komentar »

Ditengah maraknya persiapan pemilu legislatife ini,baik dari tingkat DPRD Kab/Kota,Provinsi,pusat bahkan Presiden tak ayal setiap media selalu menyampaikan berita yang di update setiap harinya.Begitu pula dengan kader-kader partai yang menyiapkan stategi untuk memaksa masuk dalam parlemen.Diantara sekian banyak partai yang terlibat dalam pemilu tak sedikit saudara kita/warga Persaudaraan Setia Hati Terate terlibat langsung dalam politik praktis tersebut.Baik itu menjadi partisipan,fungsional bahkan masuk dalam structural partai.
Persaudaraan Setia Hati Terate sebagai organisasi yang sudah mengakar dalam kultur masyarakat secara menyeluruh mempunyai suatu landasan yang berpatokan pada anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang sudah ditetapkan.Organisasi kita adalah organisasi yang berdiri sendiri,tidak memihak salah satu partai politik maupun organisasi massa manapun.Dengan kata lain organisasi SH Terate adalah organisasi yang netral walaupun pada dasarnya memang hak seorang warga SH Terate sebagai warga Negara Indonesia secara individu diperbolehkan untuk berpolitik sebagai wujud bagian dari partisipasi politik.
Penulis ingat pada pemilihan Gubernur provinsi Lampung kemarin ada salah satu calon yang menempatkan lambang PSHT disetiap atribute kampanyenya,hal ini menimbulkan tanda tanya siapa sebenarnya Cagub tersebut apakah dia seorang warga PSHT?
Benar atau tidaknya dia seorang warga menurut hemat penulis ia tidak berhak untuk mencantumkan lambang SH Terate.Kejadian ini sempat penulis tanyakan kepada Mas Eko Pratikno (Selaku Dewan Penasehat PSHT Cab.Bangka) ketika penulis pulang kampung kemarin.” Itu dak boleh dik,kita gak boleh membawa-bawa nama Setia Hati dalam politik begitu juga sebaliknya politik dalam Setia Hati.”Lantas Gimana mas,Tanya penulis lebih lanjut,”Inilah dik yang saya khawatirkan.Kita boleh saja berpolitik,SH gak pernah larang itu tapi haruslah individunya,jangan bawa-bawa SH Terate.Kita akan pecah kalau begini terus,kita hanyalah dimanfaatkan oleh oknum tertentu sebagai perahu untuk memperoleh suatu kekuasaan hanya dengan iming-iming akan dibuatkan padepokan atau apa “Ungkap beliau lebih lanjut.
Ini adalah sebuah realita dan hal inipun telah diwanti-wanti oleh Mas Tarmajdi.” SH Terate telah keluar dari jati diri SH yang sebenarnya.Banyak cabang atau warga yang membawa atribute salah satu parpol ke lingkungan Setia Hati”Melihat hal ini sungguh miris sekali jika tidak diantisipasi dari sekarang maka akan terjadi perebutan suara antar warga PSHT sendiri seperti pada kasus pemilihan kepala daerah di salah satu Kabupaten di Lampung.
Sekali lagi ini adalah sebuah realita,memang sampai saat ini titah yang dimusyawarahkan dalam AD/ART PSHT sangatlah sulit untuk diaktualisasikan sesuai dengan makna dan tujuan yang sebenarnya.Apalagi melihat kondisi saat ini politik seakan-akan jadi mesin uang yang mengalir deras.Dalam hal ini ada kegelisahan sendiri dari penulis akan eksistensi Setia Hati Terate apabila setiap kader SH Terate sudah membawa misi partai politik untuk mencari kekuasaan/suara di lingkungan SH Terate.
Untuk itu sebagai bagian dari Keluarga Besar Persaudaraan Setia Hati Terate penulis secar pribadi mengajak kepada seluruh warga PSHT untuk berpartisipasi sebaik-baiknya dalam pesta demokrasi bangsa ini tanpa melanggar konstitusi PSHT itu sendiri.Dengan demikian SH Terate benar-benar menjadi organisasi yang bisa dan mampu mengayomi warga/masyarakat baik diluar organisasi maupun di dalam tubuh SH Terate sendiri untuk terus melestarikan budaya bangsa ini dan tetap menciptakan manusia yang berbudi pekerti luhur yang tahu akan benar dan salah.Waullahu’alam…………….

3 komentar

  1. PersaudaraaN Setia Hati TERATE Cabang Pacitan // 14 April 2009 pukul 22.23  

    "Salam PersaudaraaN"
    Salam dari kami sadara dari Pacitan

    JERITAN DARI WARGA PACITAN
    Betapa sedih dan pilunya HATI kami ketua cabang Mas Drs. Danuri yang kemaren jadi caleg salah satu partai terkuat saat ini telah membuat saya dan kemungkinan sebagian besar kadang PersaudaraaN setia Hati TERATE di cabang Pacitan malu dan gak habis pikir. Tanpa non aktif dari kedudukanya sebagai Ketua Cabang PSHT Pacitan Mas Danuri ikut jadi Caleg dan akhirnya kalah telak dan memalukan dengan hanya mengatongi suara kurang dari 500 suara di daerah yang warganya lebih dari 5000 orang. Dan lagi si Mas Drs. Danuri menjanjikan Untuk meberikan suara pada beberapa caleg di Dapil I Kabupaten Pacitan dengan syarat caleg tesebut memberikan sejumlah uang yang ditentukan nominalnya oleh Mas Drs. Danuri sendiri, ia berjanji untuk mengerahkan semua masa dan elemen PersaudaraaN setia Hati TERATE untuk mendukung caleg-caleg tersebut , jika permintanaan Mas Drs. Danuri telah disepakati dan nominalnya pun cocok. Tapi pada kenyataanya semuanya bohong wong dia untuk meraih angka 500 pemilih untuk dirinya sendiri saja gak mampu.

    Dan tanggal 18 nanti akan mengumpulkan semua warga baru dalam acara yang diadakan oleh cabang. Acara tersebut adalah syukuran dan pembagian KTA Di gedung GASIBU depan Alun-Alun Pacitan. Cabang juga mengumumkan jika acara tesebut akan di hadiri oleh Mas Tarmadji Bhudiharsono, SE. Tapi pada kenyataan ya acara tersebut bukan acara PersaudaraaN setia Hati TERATE melainkan acara sosialisasi TIM sukses Pilpres Dari salah satu Partai Politik Terbesar Di Indonesia saat ini yaitu acara TIM sukses JARINGAN NUSANTARA. Dan kami menduga dan membaca tujuan acara itu adalah penyelamatan muka mas Danuri depan Partainya dengan mengerahkan masa. Salah kaprah lagi.

    Mau dibawa kemana PersaudaraaN setia Hati TERATE nantinya jika para Eliti PersaudaraaN setia Hati TERATE berbuat sepeti ini. Sudah jelas PersaudaraaN setia Hati TERATE bukan organisasi politik dan tidak condong ke partai politik manapun. Apa mereka semua gak pernah baca AD ART apa mereka sudah lupa, atau sengaja dilupakan? Kami tidak habis piker. Apa yang mereka pikirkan.
    MOHON TANGGAPANYA……………………………………………………………………………………………………………………………
    Kami sangat senag dan bangga jika masih ada yang perduli dan mau ikut berpikir untuk kemajuan, dan ikut menyelamatkan roh PersaudaraaN Setia Hati Terate. Mari kita kembali Ke KeSHan. Mari kita bersama meluruskan PersaudaraaN Setia Hati Terate yang telah dibelokan arahnya dan dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

  2. ryan widhi // 15 April 2009 pukul 13.56  

    salam persaudaraan..
    saya ryan dari sh terate komisariat undip ikut prihatin atas berita dari pacitan..kami sangat tidak setuju apabila sh terate diikutsertakan dalam dunia politik.
    kalau memang benar apa yang dilakukan tersebut sangat memalukan bagi keluarga besar sh terate.
    memang benar,diperbolehkan individu untuk terjun dalam dunia politik tapi harus tanpa membawa nama organisasi sh terate. tetapi tetap yang namanya warga, walaupun dia niatnya tidak membawa nama sh terate tetapi dimata masyarakat dia tetap di cap sebagai anggota sh terate.
    apalagi seperti di pacitan, dengan mengkordinir warga untuk ikut mendukung orang tersebut.
    kita harus berani dengan tegas menolaknya. kejadian ini sudah sering terjadi di sh terate ini. karena organisasi kita yang besar otomatis juga dimanfaatkan oleh oknum yang hanya mementingkan dirinya sendiri saja..
    kejadian ini sama dengan kasus di wonogiri, yaitu sh terate cabang wonogiri yang melakukan apel siaga di alun-alun untuk mendukung bupati begug purnomosidi yang notabene merupakan warga kehormatan sh terate.
    selain itu juga seperti waktu putra mas madji yaitu mas bagus yang mencalonkan menjadi bupati kabupaten madiun tetapi juga kalah padahal warga sh terate jumlahnya mayoritas disana..
    ini menandakan bahwa saudara warga kita sudah muak dan tidak setuju dimanfaatkan untuk tujuan politik seseorang..
    kita sebagai generasi penerus sh terate yang akan membawa sh terate ke depan harus tegas untuk membawa sh terate sesuai dengan sebenarnya dalam AD/ART..jangan organisasi kita dimanfaaatkan oleh oknum sebagai komoditas politik..
    BERANI KARENA BENAR TAKUT KARENA SALAH..WALAUPUN YANG KITA HADAPI TINGKAT DUA ATAUPUN TUINGKAT TIGA SEKALIPUN.

  3. Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang PACITAN // 17 Januari 2010 pukul 09.46  

    Mesakke Nggih Mas Danuri......



    Salam Persaudaraan.
    Bhumi Pacitan..............